Cara Membuat Pengaman Konslet Tegangan DC Full Gambar dan Video



Blogfai.com Bagaimana cara kita mengamankan komponen elektronika khususnya pada tegangan DC ketika terjadi hubung singkat, apakah dengan cara memutus sumber tegangan secara langsung dan manual? ya itu bisa, tapi ribet. Kali ini Blogfai.com akan membagikan rangkaian sederhana yang tujuan utamanya itu untuk mengamankan semua komponen elektronika pada saat terjadi hubung singkat.

Di sini saya menggunakan Relay 12V sebagai komponen utama, pada Relay tersebut memiliki kontak NO (Normally Open) dan kontak NC (Normally Close). 

Normally Close disini terhubung dengan output meskipun relay tidak dalam kondisi bekerja. Sedangkan, Normally Open kontak yang terhubung dengan output pada saat relay ini bekerja.

Perhatikan skema rangkaiannya:
Klik gambar, Supaya gambar yang lebih jelas. 



Skema rangkaian ini bekerja ketika Lampu LED 1 menyala maka menandakan rangkaian akan terjadi Over Load dan rangkaian secara otomatis akan memutuskan aliran listrik sedangkan ketika lampu LED 2 menyala berarti rangkaian dalam keadaan normal. 

Langsung saja. 

Komponen yang digunakan :

  • Relay 12 volt (1 buah)
  • Resistor 1 k (2 buah)
  • Led 5 mm hijau dan merah
  • Push button/push on (1 buah)
 Alat :
  1. Solder
  2. Gunting
  3. Power Supply 12V
Bahan :

  1. Timah solder
  2. Kabel Secukupnya
Langkah Kerja : 

1. Pertama, siapkan Relay 12 volt, dan hubungkan kaki NO relay ke kaki Coil 1 relay.




2. Pasang kaki (+) led hijau pada kaki NO relay, dan pasang resistor 1 k pada kaki (-) led dan hubungkan ke coil 2 relay.


3. Pasang kaki (+) led merah ke kaki NC relay, dan pasang resistor 1 k pada kaki (-) led dan hubungkan ke coil 2 relay.


4. Pasang kaki push button ke kaki coil 1 relay dan ke kaki com relay.


5. Pasangkan kabel pada kaki com relay untuk input (+) sumber tegangan, dan pasangkan kabel pada kaki coil 2 relay untuk input (-) sumber tegangan.


6. Pasangkan kabel pada kaki NC relay untuk output (+), dan pasangkan kabel pada kaki coil 2 relay untuk output (-).


TUTORIAL VIDEO LENGKAP CHANNEL KADER JENENGAN


Jangan Lupa Subscribe Channel nya ๐Ÿ˜Š

Cara kerja rangkaian : 




Tekan push button pada rangkaian untuk mengaktifkan rangkaian. Jadi ketika rangkaian aktif maka led hijau menyala, sehingga output akan mengalirkan arus listrik ke beban dan ketika terjadi konslet/ arus pendek pada beban, maka relay akan protek dan led merah akan menyala sedangkan led hijau langsung mati dan relay otomatis langsung memutuskan aliran listrik dan mengamankan beban dan sumber tegangan supaya aman.

Itu adalah langkah - langkah cara membuat Pengaman Konslet Tegangan DC. Semua rangkaian tegangan pada catu daya atau power supply baik yang menggunakan IC maupun transistor harus siap  menghadapi peristiwa hubung singkat. 

Ada kemungkinan juga rangkaian yang mendapat catu mengalami kegagalan fungsi dan itu  menyebabkan output keluaran power supply terjadi hubung singkat. Rangkaian pengaman hubung singkat ini dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

Blogfai.com

Baca juga

1 komentar

  1. Unknown
    Bermanfaat gan, bisa buat pengaman power supply supaya tidak rusak ketika ada konslet...hehe๐Ÿ˜