Kamu itu Introvert apa Pemalu sih, atau Keduanya? Ini Perbedaanya

Perbedaan Introvert dan Pemalu
Introvert dan Pemalu

Blogfai.com Orang Introvert identik dengan pendiam, tidak banyak melakukan sesuatu yang menarik perhatian orang, sama halnya dengan orang pemalu, sama - sama menghindari keramaian. Jadi, apakah Introvert juga bisa dikatakan pemalu? 

Banyak orang yang mengaitkan introvert itu sama seperti pemalu. Orang - orang menilai hanya sebatas persepsi saja tanpa mencari tau. Memang mirip tapi introvert dan pemalu sebenarnya dua hal yang tidak bisa disamakan, tanpa disadari hal itu mengakibatkan munculnya stereotipe dimasyarakat.

Kurang rasanya jika tidak mengaitkan Ekstrovert. Introvert-Ekstrovert ini merupakan istilah yang sangat populer di seluruh dunia. Saking populernya, banyak orang yang mengklaim dirinya sendiri atau orang lain dengan salah satu kepribadian ini. Kedua kepribadian ini sama- sama menjelaskan tentang "Bagaimana cara kita mengisi ulang diri kita sendiri".

Terdapat pengelompokkan kepribadian manusia berdasarkan bagaimana manusia memperoleh libido atau gairahnya. Istilah introvert dan ekstrovert ini pertama kali di cetus oleh seorang psikologi Carl Jung dalam bukunya yang berujudul Psychologische Typen pada tahun 1920. Menurut Jung, Pribadi yang ekstrovert atau ekstraversi akan mendapatkan gairah atau energi dari hasil interaksi sosial. Sedangkan, pribadi yang introvert pribadi yang mendapatkan gairah atau energi lewat menyendiri. Lalu bagaimana dengan pemalu?

Kita kembali kepembahasan. Dilihat dari definisi, pemalu adalah suatu sikap atau bawaan karakter yang telah ada semenjak dia lahir atau bisa juga dikatakan pemalu adalah suatu respon terhadap suatu kondisi. Disini kita bisa mengetahui bahwa orang introvert tidak sama dengan orang pemalu karena introvert dan pemalu tidak ada kaitanya sama sekali.

Kita bisa menilai orang Introvert juga memiliki sifat pemalu, dan orang pemalu belum tentu memiliki pribadi yang introvert. 

Lalu Apa Bedanya Introvert dan Pemalu? 

Dimana sih letak perbedaannya? kamu tentu bisa membedakan orang introvert dan pemalu dengan cara melihat cara tindakan yang dilakukannya. baiklah yang pertama kita bahas adalah pribadi Introvert.

Perbedaan Introvert dan Pemalu
Apa sih bedanya Introvert dan Pemalu?

INTROVERT :

Merasa Cepat Lelah Setelah Melakukan Interaksi Dengan Orang lain.

Orang yang memiliki Pribadi introvert cenderung merasakan perasaan yang lelah ketika selesai melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Dan mencari cara bagaimana dia kembali ke kondisi sebelumnya yaitu akan merasa nyaman ketika sendiri. 

Pribadi yang introvert juga akan selalu diam ketika berada dikeramaian, seolah- olah itu bukan dunianya. Namun, pribadi yang introvert juga bisa berisik ketika berada di kelompok kecil yang dikenalnya, ya itu kembali ke pribadi masing - masing.


Punya Waktu Menyendiri untuk Mengisi Ulang Energi!

Seperti bukan rahasia lagi, orang introvert itu pasti lebih suka suasana yang tenang, nyaman dan tentu saja sendirian. Lebih suka menyendiri, bahkan ada jadwalnya kapan orang introvert ini akan menyendiri seperti  sudah ada Schedule nya. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika si Introvert ini sedang menyendiri contohnya dengan mendengarkan lagu, menulis, membaca novel dan lain lain itu semua dilakukannya demi mencari ketenangan yang ada di dalam dirinya

Bisa Memulai Percakapan dengan Orang lain

Kata siapa Introvert tidak bisa memulai percakapan? meskipun introvert dengan sikap menyendirinya, orang introvert juga bisa memulai interaksi terlebih dahulu dengan orang terdekatnya atau orang sekitar tergantung situasi dan kondisinya. 

Orang introvert juga bisa tampil percaya diri di muka umum lho! tidak sedikit orang introvert yang menjadi pembicara dimuka umum, dalam sekala kecil contohnya di ruang kelas atau dalam sekala besar seperti yang sering dilakukan oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang selalu tampil percaya diri pada saat seminar yang di adakannya. 


Selanjutnya kita bahas  perbedaan orang yang memiliki sikap pemalu dibawah ini.

PEMALU :

Merasa Takut Untuk Berinteraksi dengan Orang Lain

Orang yang memiliki sifat pemalu akan merasa tidak nyaman ketika memulai interaksi dengan orang lain. Sementara itu orang yang memiliki sifat pemalu mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman ketika berada di tengah keramaian. Akan tetapi, biasanya mereka merasa baik - baik saja selama tidak melakukan hal yang membuat mereka menjadi pusat perhatian.

Tidak Suka Sendirian, Hanya Saja Malu Untuk Bersosialisasi

Beda dengan introvert, orang pemalu itu tidak suka menyendiri kecuali jika orang tersebut memiliki kepribadian introvert. Lebih memilih diam ketika terjadi sesuatu meskipun banyak sekali yang ingin dikatakan namun malu untuk mengungkapkannya. 

Selalu Merasa Malu Tampil di Muka Umum

Nah! ini poin penting, orang introvert pasti akan tampil percaya diri di depan umum jika tidak memiliki sifat pemalu, beda halnya orang yang memiliki sifat pemalu, pasti akan merasa tidak sanggup ketika tampil di muka umum ini yang membedakannya. Namun, hal ini bisa dirubah dengan cara membiasakan diri berbicara di cermin misalnya sebelum tampil di muka umum.

Kesimpulan

Jadi, setelah kamu memahami penjelasan diatas antara introvert dan pemalu, kamu tentu sudah memahami perbedaan kedua hal ini. Kesimpulannya, sebenarnya tidak semua orang yang memiliki kepribadian introvert itu juga pemalu dan sebaliknya. Bahkan orang yang memiliki pribadi Ekstrovert juga bisa memiliki sifat pemalu, itu kembali ke pribadi dirinya masing - masing. 

Sifat pemalu bisa dirubah dengan cara pembiasaan diri yang positif agar bisa tampil percaya diri berhadapan dengan orang lain dan bahkan bisa tampil di muka umum sebagai motivator yang dapat menggerakan hati orang lain. 

Blogfai.com


Baca juga

Posting Komentar