Mengenal Revolusi Industri Jepang, Society 5.0 Secara Lengkap


Blogfai.com Revolusi Industri merupakan proses terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.

Indonesia baru saja memulai langkahnya memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan memanfaatkan data, teknologi, informasi, artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan lebih memanfaatkan IoT (Internet Of Think). Kini Jepang menghadirkan sebuah konsep baru yaitu Revolusi Industri Society 5.0. Negeri sakura itu sebetulnya sudah memperkenalkan konsep ini pada Juni 2017 silam.

Industri akan terus berevolusi seiring berjalannya waktu, bisa kita lihat pada revolusi industri 1.0 pada saat itu manusia masih menggunakan tenaganya untuk berburu dan memanfaatkan segala sesuatu yang di temukannya. Untuk lebih lengkapnya Blogfai.com merangkum secara singkat revolusi industri yang sudah terjadi pada dunia ini.

Revolusi Industri Yang Sudah Pernah Terjadi di Dunia

1. Industri 1.0




Masyarakat pada jaman ini masih mengandalkan tenaga manusia seperti melakukan kegiatan berburu dan memanfaatkan barang yang ada di sekitar. 

Revolusi Industri 1.0 merupakan revolusi pertama yang terjadi pada abad ke 18 dimulai dengan ditemukannya mesin uap pertama di inggris oleh James Watt. Mesin tersebut digunakan guna meningkatkan proses produktivitas industri tekstil.

2. Industri 2.0



Seiring dengan meningkatnya kecerdasan manusia pada masa itu, maka manusia mulai melakukan perubahan pada kebiasaan sehari - harinya, dari yang tadinya hanya mengumpulkan, kini beralih menjadi produksi makanan (pertanian).

Pada masa ini, manusia menciptakan sumber tenaga baru yaitu ditemukannya tenaga listrik. Revolusi Industri 2.0 terjadi pada awal abad ke - 20, tenaga otot yang pada saat itu tergantikan oleh tenaga uap perlahan mulai tergantikan lagi oleh tenaga listrik.

3. Industri 3.0

Revolusi industri 3.0 yang satu ini menjadi peranan penting karena menjadi awal mula terciptanya teknologi informasi yang canggih dan menjadi awal mula era digital. 

Revolusi ini terjadi pada akhir abad ke 20 yang ditandai dengan perkembangan semikonduktor dan proses otomatisasi industri. Kemunculan teknologi digital dan internet menandai dimulainya Revolusi Industri 3.0. Dalam tahap inilah berbagai barang elektronik mulai di temukan seperti transistor, IC chips yang memungkinkan untuk mengembangkan mesin yang tidak memerlukan operator manusia.

4. Industri 4.0

Bisa dibilang saat ini kita sedang berada pada Revolusi Industri 4.0 dimana segala sesuatu kebutuhan manusia yang terjadi pada saat ini didominasi oleh kemajuan teknologi informasi yang memanfaatkan kecanggihan dari IoT atau Internet of Think sehingga memungkinkan kita terkoneksi antar mesin, big data acquisition yang mengarah ke machine learning, smart factory, artificial intelegence, dan lain - lain.

Teknologi yang sudah sangat canggih ini ternyata masih bisa dikembangkan lagi dengan datangnya konsep baru yang dikenalkan Jepang yaitu Industri 5.0 : Human - Center Society. 


Apa Itu Industri 5.0 : Human - Center Society?


Konsep Industri 5.0 : Human - Center Society, Kecerdasan buatan atau artificial intelligence dan kecanggihan dari IoT yang akan diimplementasikan  pada segala sendi kehidupan manusia yang akan didedikasikan guna meningkatkan kemampuan manusia untuk membuka peluang - peluang bagi kemanusiaan ( Human - Center ) yang berbasis pada teknologi canggih  (Technology based).

Dengan Konsep Industri  Society 5.0 memungkinkan kita mengalami kemajuan teknologi yang sangat cepat. Lalu bagaimana cara penerapan konsep Industri 5.0 dalam kehidupan sehari - hari?

Pengiriman Paket Menggunakan Drone


Delivery Drone bukan lagi hanya sebuah impian belaka, Pada konsep Industri 5.0 pengiriman paket bisa menggunakan drone tanpa awak selain melakukan pengiriman paket, drone ini juga bisa mensurvei properti, dan bisa digunakan sebagai alat bantuan untuk menolong korban bencana.

Kulkasmu Bisa Dipasang Kecerdasan Buatan!


Peralatan rumah tangga seperti kulkas akan ditanam kecerdasan buatan (AI). Melalui teknologi tersebut, Melalui teknologi tersebut, masyarakat Jepang dapat melihat saran makanan dan bumbu sesuai musim atau resep memasak. Mereka juga dapat melihat data pasokan pangan yang masih tersedia.

Pembantu yang Tak Kenal Lelah


Masyarakat Jepang Modern Industri 5.0 peran Perawat bisa digantikan oleh kecerdasan buatan AI, dengan teknologi ini pasien akan selalu terpantau kesehatannya. AI ini terprogram menggunakan data medical records untuk membantu mempercepat penanganan kesehatan.

Membajak Sawah Menggunakan Robot!

Menggunakan Teknologi GPS yang dipasang untuk navigasi mobil dan keperluan lainnya. "Michibiki," Sistem Quasi-Zenith Satellite System (QZSS), akan mengurangi kesalahan perhitungan GPS hingga beberapa sentimeter.


Bagaimana Industri 5.0 ini menurutmu? apakah dengan ini bisa menggantikan industri 4.0? sebagai catatan Jepang sendiri terpaksa memasuki society 5.0 karena krisis penduduk. Mau tidak mau, mereka mengandalkan teknologi untuk menopang kehidupan mereka. Jika kamu ingin lebih tau tentang Industri 5.0 kamu bisa mengunjungi website www.gov-online.go.jp 

Blogfai.com 

Baca juga

Posting Komentar