Tips Cerdas Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Sampai Sukses


Blogfai.com Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Sederhana saja, manusia mana pun pasti butuh makan, karena mengisi perut itu merupakan kebutuhan primer yang wajib kamu penuhi. Jika akhir-akhir ini sektor bisnis lain seperti fashion dan ritel mengalami penurunan, hal tersebut kemungkinan besar tidak akan terjadi terhadap bisnis kuliner.

Terlebih lagi beberapa tahun terakhir, banyak sekali usaha ataupun bisnis kuliner yang kerap di lirik oleh pebinis, bahkan tidak hanya pendatang baru yang ikut membuka usaha di bidang bisnis kuliner, akan tetapi banyak pula yang telah lama terjun didunia bisnis ikut terjun juga membangun usahanya di bidang kuliner.

Hal ini disebabkan konsumsi dari publik yang begitu tinggi, sehingga kesempatan usaha yang akan di dapatkan akan lebih besar. Sebab bidang kuliner mempunyai prospek usaha yang sangat cerah meski persaingan yang di miliki sangat ketat dan akan selalu memperoleh usaha yang bagus di bidang kuliner.

Tidak hanya itu, usaha kuliner ini bisa kamu jalankan dirumahmu sendiri, dengan modal yang tidak begitu besar kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 100%  dengan menjalankan bisnis kuliner.

Buat kamu yang mungkin tertarik untuk memasuki dunia bisnis kuliner, namun masih bingung harus mengawali darimana, dan apa saja yang perlu dipersiapkan, ini tips cerdas bagaimana cara memulai Bisnis Kuliner Rumahan Agar Sukses dan mampu menunjang kamu untuk mengawali bisnis kuliner mu:

Punya Komitmen yang Kuat!




Ketika kamu memulai usaha atau bisnis apa pun itu, komitmen menjadi kunci utama serta peran yang begitu penting. Usaha apapun yang sedang kamu bangun tidak akan sukses jika kamu tidak mempunyai komitmen yang kuat. Karena sebuah komitmen itu sebagai pondasi dan menjadi satu bagian yang tidak akan terpisahkan bagi seorang pebisnis atau wirausahawan. 

Meskipun bisnis kuliner rumahan ini tidak begitu besar dan hanya menjadi usaha sampingan dengan bermodalkan kecil - kecilan, jika kamu mempunyai komitmen yang kuat bisnis rumahan ini akan menjadi sukses dengan tata kelola usaha yang terorganisir dan terencana dengan baik. Maka dari itu sebelum memulai usaha kuliner rumahan ini atau usaha yang lain kamu harus membangun komitmen agar bisnis mu lancar!

Buatlah Konsep Bisnis Unik dan Menarik

Bayangkan jika kamu membuka sebuah cafe atau rumah makan dengan ala kadarnya dan tidak mempunyai konsep sama sekali lalu apa yang akan konsumen katakan ketika mengunjungi cafe atau rumah makan mu? pasti itu akan menjadi yang pertama dan terakhir kalinya konsumen mengunjungi usaha mu dengan tidak meninggalkan kesan apa pun terhadap rumah makan mu. Nah dari sini kita bisa melihat begitu pentingnya membuat sebuah konsep dalam membangun bisnis atau usaha.

Meskipun hanya bertempat dirumah kamu bisa membuat sebuah konsep kuliner yang menarik, seperti membuat nama produk yang mudah diingat dan terkesan "Nyeleneh" Contoh: Kripik Kunti, Seblak Kering Setan, Makaroni Silat Lidah dan lain - lain atau jika kamu membuka rumah makan di rumahmu kamu bisa mendekor tempat usaha kulinermu dengan berbagai tema yang unik dan usahakan buatlah tempat yang bisa jadi spot foto selfie dan ini bisa menguntungkan kamu, ketika konsumen datang dan makan lalu berfoto dan meng uploadnya di media sosial itu akan menjadi media promosi gratis!

Hitunglah Modal Awal Bisnis Secara Matang


Banyak orang yang salah langkah ketika sedang membangun sebuah usaha, salah satunya adalah terkait modal. Kebanyakan dari mereka mengeluh karena kesulitan mendapatkan uang untuk menjadi modal awal usaha mereka, atau banyak yang terkendala ketika bisnis sedang berjalan namun tidak ada uang sama sekali untuk membeli bahan - bahan yang di perlukan. 

Sebelum memulai usaha cobalah menghitung berapa modal yang kamu miliki dan berapa uang yang akan keluar nantinya. Kamu perlu merencanakan uang mu dengan sebaik dan sematang mungkin. Gunakanlah uangmu dengan hati - hati, janganlah kamu memaksakan untuk membeli sesuatu yang sifatnya tidak mendesak atau tidak begitu penting. 

Bedakan Bisnis mu dengan Bisnis Milik Orang Lain!
Desain Karakter by Freepik 
Buatlah faktor pembeda antara bisnis yang kamu miliki dengan bisnis milik orang lain, inilah yang disebut inovasi. Yang membuat bisnis kuliner ini menjadi menarik adalah sifat inovatif mereka. Sifat inovatif ini bisa membuat hal yang tadinya biasa saja menjadi sesuatu yang baru dan bisa menjadi viral contohnya seperti donat yang terbuat dari Indomie Goreng, atau Es Kepal Milo yang beberapa waktu lalu menghebohkan jagat maya. 

Cobalah untuk  membuat sesuatu yang menarik dengan berinovasi, kamu bisa berkreasi dari segi tampilan, maupun bentuk, rasa, kreasi dari penyajian dan kreasi dari pembuatan. Kamu juga sebaiknya lebih inovatif dengan berbagai jenis kuliner yang ditawarkan dalam bisnis kuliner kamu. 

Pemasaran, Bangun Kepercayaan di Lingkungan Sekitarmu



Salah satu kunci keberhasilan dalam membangun sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk atau jasa yang kita pasarkan. 

Untuk membangun kepercayaan konsumen kita tidak perlu repot - repot memasarkan bisnis kuliner kita melalui iklan yang berbayar. Cobalah manfaatkan teknologi, pasarkan bisnis kulinermu melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, whatsapp dan lain lain. 

Selain itu kamu juga bisa membangun kepercayaan konsumen lewat lingkungan di sekitarmu, kuncinya adalah dengan berkomunikasi yang baik. Coba ajak teman atau tetangga mu untuk mencicipi kuliner yang kamu buat mintalah saran dan kritik dari teman atau tetanggamu. Lalu, biarkan mereka menyebarkan kesan positif setelah mencoba produk kuliner yang kamu buat. Cara itu mungkin bisa dinamakan dengan dari perut ke perut, atau Lisan ke Lisan. 

Jaga Reputasi Bisnis Kuliner Rumahanmu!


Misalkan kamu sudah mempunyai Merk atau Brand  yang sudah dikenal secara luas, tantangan terbesarmu adalah menjaga nama baik dari brand itu sendiri. Sama halnya jika kamu sudah berhasil dalam membangun bisnis kuliner rumahanmu poin yang terakhir adalah menjaga reputasi bisnismu.

Reputasi dalam bisnis kuliner menjadi sebuah faktor penentu apakah bisnis kulinermu bisa bertahan lama atau tidak. Maka dari itu kamu perlu menjaga reputasi bisnismu dengan sebaik mungkin dengan memperhatikan berbagai hal seperti: Apakah ada kecacatan dalam kemasan produk? atau apakah ada sesuatu yang kurang nyaman bagi konsumen di tempat rumah makan yang kamu bangun? perhatikan juga bahan makanan yang kamu gunakan apakah masih fresh atau tidak. Kebersihan juga tidak kalah penting dan menjadi titik kruasial dimana kesan konsumen sangat berpengaruh terhadap kebersihan tempat atau kemasan produk makanan.

Dilansir dari laman www.environmentalscience.bayer.co.id dalam artikelnya yang berjudul Reputasi dan Nama Baik Bisnis Anda adalah Prioritas

Survey tahun 2009 pada restoran/rumah makan di USA menunjukkan bahwa: 

  • 87% pelanggan yang melihat hama pada restoran/rumah makan tidak akan kembali ke restoran/rumah makan tersebut dan tidak merekomendasikan kepada teman-temannya.
  • 60% pelanggan akan menceritakan kejadian tersebut kepada 5 orang yang dikenalnya, keluarga atau teman-temannya. 
  • "Menjijikkan" merupakan penggambaran yang biasa jika dibandingkan dengan reaksi konsumen ketika melihat dan menemukan langsung hama di restoran/rumah makan.
  • "Tidak ada toleransi" merupakan reaksi konsumen secara umum.

Memang itu survey tahun 2009 dan diadakan di Amerika, tapi bukankah itu masih berlaku sampai sekarang, dan berlaku juga di Indonesia? dan karena itulah pentingnya menjaga kebersihan dalam usaha kuliner. Jika tempat atau kemasan bersih maka akan mendapat kesan positif dari konsumen dan menjadi awal terbangunnya reputasi yang baik. 



Itu adalah beberapa tips cerdas dalam memulai bisnis kuliner rumahan, dalam memulai sebuah bisnis pasti ada saja kendalanya jika kamu bisa mengatasi kendalamu dengan komitmen kamu yang kuat kamu pasti bisa melewatinya. Semoga Sukses!

Blogfai.com

Baca juga

Posting Komentar