Tips Menabung dan Cara Agar Tidak Boros pada Gaji Bulanan, Hindari Gaji-ke-Gaji!

Tips Menabung dan Cara Agar Tidak Boros

Blogfai.com - Apakah kamu pernah memikirkan kemana saja uang yang kamu dapatkan dari pekerjaanmu yang begitu melelahkan itu pergi? padahal ini kan belum ada setengah bulan dan kamu harap cemas untuk menunggu lagi gaji mu berikutnya di tanggal muda.

"anjir, kok duit gajian gw habis! padahal baru kemaren gw gajian, astaga!".

Kamu pasti sering mengungkapkan kalimat tersebut ketika duit mu akan habis, dan pasti bertanya - tanya kemana saja sih uang yang kamu dapatkan itu pergi? situasi ini akan gawat ketika ada keperluan yang mendadak muncul kamu perlu biaya untuk mengatasinya dan kamu harus menunggu gajian berikutnya, lalu di bulan berikutnya kamu pasti akan mengulangi hal yang sama. Ini dinamakan dengan istilah The Paycheck-to-Paycheck Circle atau siklus 'Gaji-ke-Gaji'.

Apa sih Siklus Gaji-ke-Gaji ini?

Gaji-ke-Gaji adalah sebuah gaya hidup yang mengandalkan atau hanya memanfaatkan upah harian, mingguan, bahkan bulanan untuk memenuhi aktivitas konsumsi tanpa melalukan "Penyisihan" uang untuk suatu kepentingan di masa yang akan datang.

Jadi, kebanyakan orang yang mengalami siklus ini hanya memikirkan jangka pendek saja, atau ketika kita mendapatkan gaji kita langsung menggunakannya tanpa perlu memikirkan kebutuhan kita di masa depan. Seacara ga sadar perilaku orang yang mengalami ini akan menyesal di akhir bulan, meskipun menyesal orang tersebut pasti akan melakukan hal yang sama seperti di bulan sebelumnya.

Gaya hidup "Gaji-ke-Gaji" ini merupakan gaya hidup yang kurang sehat secara finansial, kamu lebih mementingkan Liburan, Shopping, Makan di Luar, Top Up Game,  dll demi menunjang tingkat gaya hidupmu, padahal gajimu (maaf) tidak lebih dari lima juta. 

Beberapa masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang yang hidupnya boros: 

  1. Gaji Pas - Pasan.
  2. Pertama kali menerima gaji, dan sering lupa diri.
  3. Banyak keinginan akibat tuntutan gaya hidup yang cukup tinggi.
  4. Sulitnya untuk menyisihkan uang/menabung.
Untuk itu, Blogfai.com akan membagikan Tips Menabung dan Cara Agar Tidak Boros pada Gaji Bulanan. 

Tulis Semua Pengeluaranmu Bulan ini


Catat Pengeluaranmu!


Lacak pengeluaranmu lalu evaluasi kemana saja perginya uang yang kamu miliki dalam jangka waktu tertentu, lalu buatlah sebuah catatan khusus untuk rencana keuanganmu. Meskipun cara ini memerlukan waktu, tapi ini cara yang tepat untuk mengetahui kamu menggunakan uangmu untuk apa saja.

Jika sudah mengetahui semua uang yang kamu gunakan untuk apa saja, lalu eliminasi misalnya kegiatan yang tidak perlu. Perlu dipahami, kamu tidak akan cukup untuk memuaskan hasrat hidupmu yang penuh dengan ke borosan yang tidak ada habisnya. Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi pengeluaran untuk kegiatan atau ‘keinginan’ seperti shopping, hiburan, dan makan di luar dan lebih mengutamakan kebutuhan pokokmu.

Kendalikan, Jangan Terlalu Konsumtif Ukur Kemampuan Finansialmu


Jangan Terlalu Konsumtif

Banyak orang yang pusing ketika dihadapi dengan tagihan kartu kredit atau misalnya mempunyai pinjaman berbunga tinggi. Hal itu dikarenakan kamu tidak bisa mengendalikan diri, tidak sedikit mempunyai masalah keuangan yang timbul akibat perbuatan mereka sendiri. Sadar atau tidak, tingkat konsumsi yang tak terkendali membuat kamu menghabiskan uang lebih banyak, jauh dari yang kamu butuhkan.

Cobalah untuk mengukur kemampuan isi dompet mu jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan uang, gunakan uang dari gajimu itu untuk keperluan yang penting - penting saja.

Tingkatkan Penghasilanmu!


Cari usaha sampingan

Lho kok malah ningkatin penghasilan? bukannya topiknya itu tips menabung dan agar tidak boros? Gini, selain kamu perlu mengendalikan kondisi keuanganmu yang hanya bersumber dari gaji tetapmu yang (maaf) ga seberapa itu cobalah untuk mencari penghasilan lain untuk meningkatkan keuanganmu.

Harga kebutuhan terus bertambah, tetapi tidak dibarengi dengan peningkatan pendapatan dari tempatmu bekerja. Kamu harus bisa memutar otak agar dapat meningkatkan pendapatan bulananmu Salah satu caranya adalah dengan bekerja sampingan sesuai keterampilan yang dimiliki.

Banyak cara untuk meningkatkan penghasilanmu misalnya dengan melakukan aktivitas sampingan yang produktif seperti membuka layanan online shop atau bisa dengan cara membuka usaha sampingan dirumahmu.

Baca : Tips Cerdas Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Sampai Sukses

Dengan cara ini selain kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan kamu juga bisa membiasakan untuk mengelola keuangan bisnismu sendiri.

Sisihkan Penghasilanmu Sebesar 20 persen dari Total Gajimu

Menabunglah!

Ini dia Point pentingnya! Banyak orang sudah menyadari pentingnya menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan masa depan, baik dengan menabung atau berinvestasi. Tapi, tidak semua orang mampu untuk menyisihkan uang mereka untuk keperluan dimasa depan. Penyebabnya bermacam - macam, ada yang memang karena tingkat kebutuhan terlalu besar dibandingkan tingkat penghasilan. Ada pula yang gagal menabung karena terlalu boros. Bahkan saat penghasilan sudah meningkat, masih saja gagal menabung.

Baiklah untuk mencoba menabung, coba sisihkan uang dari gajimu sebesar 20 persen dengan alokasi 5 persen untuk tabungan liquid, 10 persen untuk reksadana, 5 persen untuk saham, atau 20 % uang dari gajianmu itu kamu simpan baik - baik di tempat yang aman. 

Tips Menabung 
  • Simpan uangmu di tempat tersembunyi 
  • Gunakan tabungan otomatis di bank
Untuk point kedua maksudnya adalah, semua bank di Indonesia sudah mendukung sistem tabungan otomatis. Cara kerjanya adalah ketika kamu menerima gaji di tanggal tertentu, maka uang gajian mu secara otomatis akan masuk ke dalam tabungan yang memang dikhususkan untuk menabung.

  • Membuat Celengan yang terkunci.
  • Simpan uang recehan.
  • Jika kamu melaksanakan point di atas "Tingkatkan Penghasilanmu" maka simpanlah hasil dari usaha sampinganmu itu. 
  • Gunakan Diskon!
  • Jadikan tabungan sebagai aset rill

Melakukan semua ini memang awalnya sangat sulit untuk dipraktikan, namun jika kamu mulai mencoba dan membiasakannnya kamu akan menyelamatkan keuanganmu di masa depan. Tips diatas selain bisa diterapkan supaya kamu bisa menabung dan melatih agar tidak boros kamu juga bisa terbiasa untuk hidup sederhana, Jangan terpancing dengan yang namanya status sosial itu hanya sebuah perangkap sederhana yang bisa menjatuhkanmu secara perlahan dikemudian hari. 

Jika Anda benar-benar bisa menghitung uang Anda, maka Anda bukan orang kaya. (J. Paul Getty)

Blogfai.com 

Baca juga

Posting Komentar